YOU HAVE TO SEE THIS

Cause life is more than just following the river eve

Seni Lukis Wayang Kamasan

05.28 / Diposkan oleh Billy Roger /




Seni Lukis Wayang Kamasan merupakan salah satu contoh karya seni rupa murni dua dimensi yang berkembang di daerah Bali, khususnya di desa Kamasan, kabupaten Klungkung. Lukisan Wayang Kamasan ini mengambil tema-tema cerita pewayangan seperti Ramayana, Mahabharata, Sutasoma, Panji, Lelintangan dan lain-lain. Pada umumnya, cerita-cerita yang digambarkan mengandung nilai filosofis agama Hindhu dan budaya Bali.
Gaya karya seni rupa ini tergolong corak figuratif karena menggunakan figur pewayangan seperti Bima, Garuda, dll. Sedangkan teknik pembuatan karya seni ini sendiri tergolong unik terutama pada tahap pelukisannya yaitu dimana tahap penting dilakukan oleh pelukis utamanya, pewarnaan dilakukan oleh seniman pemula atau anggota keluarganya dan sentuhan akhir diberikan oleh sang empunya.
Bukti nyata seni lukis Wayang Kamasan ini dapat kita lihat pada lukisan di gedung Kertha Gosa yang dibangun sejak zaman kerajaan Klungkung. Lukisan-lukisan tersebut bercerita tentang perjalanan Bhima ke Swarga Loka, Diah Tantri, Sang Garuda mencari Amerta dan Palelindon. Lukisan-lukisan dibawah ini juga merupakan salah satu contoh lukisan “Wayang Kamasan”

Label:

0 komentar:

Poskan Komentar