YOU HAVE TO SEE THIS

Cause life is more than just following the river eve

NARKOBA

02.26 / Diposkan oleh Billy Roger /


NARKOBA

Kata narkoba tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pada era globalisasi ini, masalah narkoba merupakan masalah yang sangat serius di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Masalah ini sangat mengkhawatirkan karena sudah memasuki sekolah - sekolah, bahkan anak kecil pun dapat membeli dan memakai narkoba. Apa itu narkoba? Apa jenis-jenisnya dan apa pengaruhnya?

Narkoba adalah akronim dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya. Sedangkan pengertian narkoba sendiri adalah suatu zat yang jika dimasukkan ke dalam tubuh akan mempengaruhi fungsi fisik dan psikologis serta menyebabkan kecanduan. Jenis-jenis narkoba dapat dikelompokkan berdasarkan jenis dan efeknya.

Penggolongan narkoba:
A. Narkotika
Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menimbulkan pengaruh tertentu bagi penggunanya. Pengaruh tersebut berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat , halusinasi atau timbulnya khayalan yang menyebabkan efek ketergantungan bagi pemakainya.
Macam-macam Narkotika
a. Opioid atau opiat berasal dari kata opium, jus dari bunga opium. Opium digunakan selama berabad-abad sebagai penghilang rasa sakit dan untuk kenikmatan. Namun opium banyak disalahgunakan. Jenis-jenis opium:
b. Heroin adalah obat bius yang memiliki efek sangat kuat. Obat ini bisa di temukan dalam bentuk pil, bubuk, dan juga dalam cairan. Cara pemakaiannya yang menggunakan jarum suntik dapat memperbesar penularan HIV/AIDS dan Hepatitis C.
c. Codein termasuk garam turunan dari opium. Efek codein lebih lemah daripada heroin. Biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan jernih.Codein sering juga digunakan sebagai obat batuk kronis dengan resep dokter.
d. Demerol/pethidina biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan tidak berwarna. Demerol sering digunakan untuk pengobatan namun harus dengan pengawasan ketat dan resep dokter.
e. Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman belukar Erythroxylon coca, yang berasal dari Amerika Selatan.
f. Cannabis/ganja/cimenk adalah tanaman yang mengandung kanabinoid psikoaktif. Tanaman ganja biasanya dipotong, dikeringkan, dipotong kecil - kecil dan digulung menjadi rokok disebut joints.
g. Hashish/Hash merupakan bentuk yang paling poten berasal dari sari tanaman ganja yang dikeringkan dan berwarna coklat-hitam.
h. Mushroom merupakan jamur yang memiliki efek sama dengan narkoba. Biasanya dijual dalam bentuk kering.

B. Psikotropika
Psikotropika adalah zat kimia buatan yang dapat menurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan syaraf pusat dan menimbulkan kelainan perilaku, kadang-kadang disertai dengan timbulnya halusinasi (gangguan persepsi visual dan pendengaran), ilusi, gangguan cara berpikir, perubahan alam perasaan. Jenis-jenis psikotropika:
a. Ecstasy/IneksEcst (methylen dioxy methamphetamine)/MDMA adalah salah satu jenis narkoba yang di buat secara ilegal di laboratorium dalam bentuk tablet.
b. Shabu-shabu (methamphetamine) berbentuk kristal seperti gula atau bumbu penyedap masakan. Obat ini berbentuk kristal maupun tablet, tidak mempunyai warna maupun bau
c. LSD merupakan obat berbentuk tablet yang digunakan dengan cara menaruh di bawah lidah
d. Happy Five merupakan permen yang dikategorikan ke dalam jenis narkoba karena memiliki efek sama dengan narkoba. Memiliki bentuk mirip permen biasa.

C. Bahan Adiktif
Bahan adiktif merupakan zat-zat yang memiliki efek dibawah narkotika dan psikotropika namun merupakan awal dari kecanduan narkoba tingkat berat. Bahan Adiktif biasanya dijual legal di pasaran. Contoh: Rokok, Minuman beralkhohol


Jenis-Jenis Narkoba:

A. Uppers (Stimulan)
Uppers adalah jenis narkoba yang membangkitkan semangat, stamina dan energi. Contoh: Kokain, Shabu-Shabu, Ineks, dll.

B. Downers (Depresan)
Downers adalah jenis narkoba yang memberikan efek ketenangan pada pemakai. Contoh: Pil Koplo, Putaw, dll.

C. All Arounders (Halusinogen)
All arounders adalah jenis narkoba yang membuat pemakai menjadi senang dan berhalusinasi. Contoh: LSD, Mushroom, Ganja, dll.


Tanda-Tanda Kemungkinan Penyalahgunaan Narkoba:

a. Fisik
- berat badan turun drastis
- mata terlihat cekung dan merah, muka pucat, dan bibir kehitam-hitaman
- tangan penuh dengan bintik-bintik merah, seperti bekas gigitan nyamuk dan ada tanda bekas luka sayatan. Goresan dan perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan
- buang air besar dan kecil kurang lancar
- sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas

b. Emosi
- sangat sensitif dan cepat bosan
- bila ditegur atau dimarahi, dia malah menunjukkan sikap membangkang
- emosinya naik turun dan tidak ragu untuk memukul orang atau berbicara kasar terhadap anggota keluarga atau orang di sekitarnya
- nafsu makan tidak menentu

c. Perilaku
- malas dan sering melupakan tanggung jawab dan tugas-tugas rutinnya
- menunjukkan sikap tidak peduli dan jauh dari keluarga
- sering bertemu dengan orang yang tidak dikenal keluarga, pergi tanpa pamit dan pulang lewat tengah malam
- suka mencuri uang di rumah, sekolah ataupun tempat pekerjaan dan menjual barang-barang berharga di rumah.
- selalu kehabisan uang
- waktunya di rumah kerapkali dihabiskan di kamar tidur, kloset, gudang, ruang yang gelap, kamar mandi, atau tempat-tempat sepi lainnya
- takut akan air. Jika terkena akan terasa sakit – karena itu mereka jadi malas mandi
- sering batuk-batuk dan pilek berkepanjangan, biasanya terjadi pada saat gejala “putus zat”
- sikapnya cenderung jadi manipulatif dan tiba-tiba tampak manis bila ada maunya, seperti saat membutuhkan uang untuk beli obat
- sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alasan
- mengalami jantung berdebar-debar
- sering menguap
- mengeluarkan air mata berlebihan
- mengeluarkan keringat berlebihan
- sering mengalami mimpi buruk
- mengalami nyeri kepala
- mengalami nyeri/ngilu sendi-sendi

NARKOBA ITU NGGAK ADA GUNANYA, BAWA RUGI AJA. JADI, MENDINGAN JAUHIN NARKOBA SEBELUM HIDUP LOE MENDERITA!

Label: ,

0 komentar:

Poskan Komentar